Sunatan Massal

July 3, 2013 § 21 Comments

Musim liburan sekolah itu berarti musim sunatan. Sama halnya dengan musim hujan itu berarti musim nikahan. (Iya nggak? Hehe…)

Saya yang kebetulan aktif di salah satu Lembaga Kemanusiaan yang salah satu konsentrasi utamanya kesehatan, akhir-akhir ini sering ikut berbagai acara sunatan massal. Dari Mulai Remaja Masjid hingga CSR Perusahaan hobi banget buat acara sunatan. Bahkan terakhir saya sunatan massal bersama CSR Hotel Wisma Nusantara. Setelah sehari sebelumnya Munarman menyiram salah satu Guru Besar UI di situ. Hihi…

Acara sunatan massal ini termasuk yang paling saya nikmati loh. Karena di sini saya bisa melihat berbagai Orangtua anak yang tersenyum melihat anaknya menjalani proses pendewasaan.

Oh iya, saya di acara-acara sunatan massal itu bukan tugas yang motong. Bisa gawat kalau saya yang motong, bisa abis punya anak orang. Hehe…

Saya paling hanya bertugas dari yang remeh seperti administrasi pendaftaran yang mengecek kondisi anak dengan bertanya pertanyaan sama setiap anaknya, “Ada alergi obat? Sering Mimisan? Cepat Capek? Luka cepet kering atau tidak? Dalam kondisi sehat atau tidak”. Lalu tugas megangin anak yang berontak saat disuntik atau sedang disunat. Hingga bersihin alat kelamin anak dengan cairan desinfektan. Atau nyiapin dosis bius jarum suntik. Multi Tasking lahh…

Awal-awalnya sih ngilu melihat anak-anak itu disuntik dan digunting alat vitalnya. Tapi lama kelamaan malah terbiasa, bahkan kadang tertawa lihat anak saat disunat yang teriak-teriak memanggil “Om Rudi” (yang bahkan Ibunya sendiri tidak tahu Om Rudi itu siapa) atau anak yang nangis teriak-teriak, “Ya Allah, lebih baik mati saja daripada diginiin”.

Tapi, di antara semua itu, yang jelas melihat raut muka orangtua yang tersenyum bahagia melihat anaknya yang masih terisak setelah disunat itu mengajarkan saya banyak hal….

Narsis di tengah penderitaan orang. Hehe…

Bersihin alkes pun masih sempat foto lohh😀

Tagged: ,

§ 21 Responses to Sunatan Massal

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Sunatan Massal at Elam Sanurihim Ayatuna.

meta

