Setulus apakah mencintai ilmu?

May 29, 2013 § 12 Comments

Kemarin ada seorang teman saya yang jurusannya akuntansi meminta diajarkan soal-soal koreksi fiskal, salah satu hal yang harusnya menjadi keahlian saya setelah dulu dijejal dengan berbagai pengetahuan mengenai ini.

Untungnya soal-soal yang ditanyakan tidak terlalu susah. Tapi, saya sempat beberapa kali googling mengenai hal yang saya lupa.

Nah, setelah membantu dia ini, saya jadi merenung. Soalnya tidak hanya kali ini saya membantu teman-teman lain menjawab pertanyaan soal pajak atau akuntansi. Dan kenapa selalu saja ada hal-hal yang saya lupakan. Padahal harusnya ini melekat dengan tuntas. Bukan ilmu tambahan, tapi ini ilmu wajib. Selain itu, saya sudah sering mengulang-ulang pelajaran yang dulu diberikan. Namun tetap saja banyak yang hilang.

Ini mengingatkan pada saat dulu saya di kampus. Seorang pejabat eselon II Kemenkeu yang waktu itu menjadi pengisi seminar, tiba-tiba menanyakan beberapa pertanyaan kimia dan fisika dasar yang harusnya sudah kami dapatkan saat SMA dulu. –Sudah menjadi rahasia umum walau kami sekolah akuntansi, tapi sebagian besar dahulunya jurusan IPA sewaktu SMA-nya termasuk saya–.

Telak! Tidak ada satu pun yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan beliau, padahal kami rasa itu mudah, bahkan semua materi pertanyaannya didapat di SMA kelas satu, hanya saja kami lupa atau lebih tepatnya melupakan materi-materi tersebut. Hehe…

Kami mungkin bisa beralasan kalau bidang yang kami geluti sekarang sangat berbeda sehingga boleh saja kami lupa.

Tapi siapa sangka, pejabat yang hampir mau pensiun ini yang telah lama sekali berkutat dengan masalah akuntansi, ekonomi, hukum, bahkan politik ini dan jauh sekali dari bidang sains ini dengan gamblang menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan itu bahkan menjelaskan rinci tentang materi-materi sainsnya.

No Excuse untuk masalah bidang sekarang!

Lanjut pejabat Kemenkeu itu, “Kenapa lagu-lagu atau doa-doa saat kita TK dahulu kebanyakan atau bahkan hampir semua masih kita ingat? Kuncinya satu, waktu itu kita senang mempelajarinya, kita mencintainya. Tak ada keterpaksaan. Sama waktu SMA, saya juga berusaha mencintai pelajaran-pelajaran yang guru saya berikan saat itu. Hingga sampai sekarang masih tersimpan jelas di kepala saya”

Kuncinya senang dan mencintai. Tak ada keterpaksaan.

Ah, mungkin dahulu belum begitu tulus belajar. Masih terpaksa oleh nilai-nilai di atas kertas.

**Kembali me-recovery niat tulus untuk belajar….๐Ÿ™‚

Bahkan dulu sebelum mulai jam kuliah masih sempat foto2, bukannya belajar.. Hihi….

Tagged: ,

§ 12 Responses to Setulus apakah mencintai ilmu?

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Setulus apakah mencintai ilmu? at Elam Sanurihim Ayatuna.

meta

