All Taxes…

April 5, 2013 § Leave a comment

“Kalian harus menjadi pegawai yang All Taxes! Karena tak ada yang peduli kalian spesialisasinya apa dan bahkan tak ada yang peduli urusan kalian itu apa. Orang hanya tahu kalian orang pajak”

Kurang lebih seperti itulah kata seorang gurunda. Tak ada yang peduli. Walau cakupan pajak itu luasnya minta ampun. Aturannya banyak dan sering berubah-ubah. Atau juga itu bukan urusan kita, misalnya, pajak daerah yang kita tidak punya urusan dengannya karena kita hanya mengurusi pajak pusat.

Seperti seorang dokter protes kepada saya, “Kenapa ambulance dipajakin? Di luar negeri itu tidak dikenakan. Buat kemanusiaan kok dikenakan pajak”
Lah, saya mau ngomong apa. Pertama, saya bukan policy maker yang bisa buat kebijakan. Kedua, itu yang mengenakan pajak adalah UP3AD (dulu namanya Dispenda) yang dibawah Pemda. Protes sama UP3AD nya lah sana.

Ada juga yang pada saat saya sedang bertugas di frontliner, seorang veteran perang tua datang minta pengurangan PBB. Ada lagi alasan saya. Pertama, saya selalu bertugas di Penyampaian Pajak Bulanan, surat permohonan, dan kadang-kadang mengurusi pajak tahunan. Saya tidak pernah berhubungan dengan PBB. Saya tahu PBB, tapi teknis pengerjaannya saya tidak tahu. Kedua, PBB yang diajukan bapak veteran ini adalah sektor P2 yang sudah sepenuhnya menjadi tugas pelaksanaan UP3AD. Ditjen Pajak tidak punya lagi wewenang atas itu.

Banyak lagi hal-hal yang ditanyakan dan didiskusikan kepada saya, sedangkan saya tak punya kompetensi teknis untuk menjawab, bahkan terkadang kompetensi secara garis besarnya saja saya tidak tahu.

Namun, bukan sekali lagi, orang tak peduli. Maka dari itu, saya selalu mencoba untuk menjawab pertanyaan atau pun keluhan setahu saya dibarengi dengan beberapa tambahan peraturan yang saya pelajari saat itu juga baik membuka2 file peraturan-peraturan atau bahkan search di google juga diskusi dengan orang lain yang lebih paham.

Karena kita harus menjadi pegawai All Taxes karena orang lain banyak yang tak begitu peduli dan tahu apa yang menjadi urusan kita…

*Eh, tapi sebenarnya belum definitif jadi pegawai sih, masih nunggu SK penempatan resmi… Hehe…

Tagged: , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading All Taxes… at Elam Sanurihim Ayatuna.

meta

