Proses Pengangkatan Alumni STAN menjadi PNS

Tahapan yang dilewati alumni STAN mulai dari wisuda sampai menerima SK PNS. Banyak yang mempertanyakan masa depan alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Banyak yang bilang kalau setelah lulus, alumni STAN harus tes CPNS dulu baru di angkat menjadi pegawai. Bahkan ada yang beranggapan bahwa STAN sudah tidak Ikatan Dinas lagi. Pada postingan ini saya coba meluruskan Pernyataan atau anggapan tersebut. Agar tidak ada lagi yang salah paham dan tidak akan ada lagi yang ragu dengan masa depan Alumni STAN.

STAN adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Alumninya terikat dalam perjanjian ikatan dinas selama 10 tahun. Sehingga setelah menyelesaikan pendidikan, alumni STAN akan langsung diangkat menjadi CPNS atau pegawai di Kementerian Keuangan atau instansi yang terkait.

Kita sudah ketahui bersama bahwa proses untuk menjadi CPNS di kementerian manapun atau di instansi manapun pasti memakan waktu yang cukup lama. Banyak proses atau tahapan yang harus dilalui sampai Surat Keputusan pengangkatan itu sampai di tangan. Banyak berkas yang harus dipenuhi sampai kita benar-benar resmi menjadi pegawai negeri.

Berikut ini saya akan menjelaskan proses yang harus dilewati alumni STAN sampai benar-benar mendapatkan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil. Saya bercerita berdasarkan pengalaman yang saya lalui serta tambahan informasi dari senior-senior saya.

  1. Setelah Mahasiswa STAN wisuda
    Mahasiswa STAN tentunya melewati wisuda sebagai tanda bahwa mereka telah resmi lulus dari STAN. Kemudian setelah itu mereka pulang ke rumah untuk menunggu proses selanjutnya. Proses selanjutnya adalah menunggu pengumuman Instansi.
    Selang waktu antara Wisuda sampai Pengumuman instansi tersebut keluar tidak pasti. Bisa saja sebulan, dua bulan, tiga bulan atau bisa lebih lama dari itu. Jadi alumni STAN bisa mencari pekerjaan untuk mengisi kekosongan tersebut. Sebagian besar alumni STAN memilih untuk Magang sebagai tenaga suka rela di kantor pajak.
    Berdasarkan pengalaman saya, Wisuda Alumni STAN 2011 dalam hal ini angkatan saya dilaksanakan sekitar pertengahan oktober 2011, dan pengumuman instansi keluar kalau tidak salah pertengahan bulan februari. Sehingga selang waktunya sekitar empat bulan.
  2. Psikotes
    Ada aturan/undang-undang yang mengharuskan bahwa alumni dari sekolah kedinasan harus mengikuti Tes terlebih dahulu sebelum diangkat sebagai CPNS. Tes tersebut diselenggarakan oleh sekolah kedinasan yang bersangkutan dan yang menentukan kelulusan juga mereka sendiri. Sehingga format tesnya bisa mereka setting sendiri. Sebelum penempatan Instansi saya harus ikuti tes, tetapi tesnya hanya dalam bentuk psiko tes. Tujuan dari psiko tes adalah untuk mengetahui kepribadian seseorang, jadi tidak ada yang lulus atau tidak lulus. Ada juga yang mengatakan bahwa hasil dari psikotes ini berpengaru pada penempatan instansi nantinya. Saya ikut psikotes kalau tidak salah  awal bulan februari.
  3. Penempatan instansi
    Beberapa minggu setelah psikotes, Pengumuman Penempatan Instansi keluar juga. Semua Alumni STAN dibagi ke Tiga payung besar yaitu Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
    Kementerian Keuangan terbagi menjadi beberapa direktorat diantaranya :

    • Sekretariat Jenderal (SETJEN)
    • Inspektorat Jenderal (ITJEN)
    • Badan Kebijakan Fiskal (BKF)
    • Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM LK)
    • Badan Pelatihan dan Pendidikan Keuangan (BPPK)
    • Direktorat Jenderal Pajak (DJP)
    • Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
    • Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPB)
    • Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC)
    • Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)
    • Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU)

    Kebetulan saya ditempatkan di Kementerian keuangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak. Pegumuman ini keluar pertengahan menjelang akhir februari.

  4. Orientasi calon pegawai di kementerian/instansi masing-masing
    Selanjutnya alumni STAN dikumpulkan dalam sebuah kegiatan. Yang menyelenggarakan adalah ketiga payung besar tersebut, dalam hal ini Kementerian keuangan, BPK, dan BPKP. Saat itulah alumni STAN secara resmi masuk ke instansi tersebut. Orientasi ini diselenggarakan kalau tidak salah akhir februari.
  5. Penempatan Magang
    Selanjutnya Alumni yang ditempatkan di kementerian keuangan harus mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat dimana mereka ditempatkan. Saya kebetulan ditempatkan di DJP dan megikuti acara tersebut kalau tidak salah tanggal 1 maret 2011.Pada akhir acara tersebut diumumkanlah pengumuman tempat magang. beberapa hari sebelum pengumuman tersebut, kami diminta untuk mengajukan 3 (tiga) kantor untuk dijadikan tempat magang nantinya. Dalam pengumuman tersebut alhamdulillah saya mendapat penempatan di Kampung sendiri, yaitu KPP Pratama Bulukumba. Magang mulai terhitung taggal 5 Maret 2011
  6. On Job Training
    3 (tiga) bulan pertama magang, alumni yang ditempatkan di DJP harus mengikuti On Job Training (OJT) yang hasilnya harus dilaporkan ke Kantor Pusat DJP. Di akhir OJT, kami juga harus membuat sebuah laporan / karya tulis.
  7. Magang
    Setelah OJT berakhir, saya ditempatkan di salah satu seksi di KPP Pratama bulukumba, dan dimagangkan sampai pengumuman penempatan depinitif dikeluarkan. Waktu magang sampai pengumuman penempatan depinitif tidak pasti, semua tergantung instansi masing-masing. Waktunya bisa saja enam bulan, delapan bulan, setahun, bahkan bisa lebih dari itu.Teman-teman saya yang di BPK dan BPKP saat ini sudah penempatan Depinitif. Sebagian direktort yang di kementerian keuangan juga sudah menempatkan calon pegawainya. Sedangkan saya yang di DJP sampai saat ini belum ditempatkan juga. Sampai tulisan ini dibuat, saya masih menunggu pengumuman itu. Tetapi saya sudah mengajukan permohonan 3(tiga) tempat penempatan secara resmi.
    Dalam selang waktu itulah, banyak berkas yang harus dipenuhi sebagai syarat pengangkatan.
  8. SK Penempatan depinitif
    Selanjutnya SK penempatan depinitif dikeluarkan, dan calon pegawai negeri di direktorat jenderal pajak harus menempati kantornya masing-masing.Langkah selanjutnya adalah
  9. Prajabatan
  10. Diklat Teknis Subtantif Dasar (DTSD)
  11. SK CPNS
  12. SK PNS

Saya belum bisa bercerita tentang tahapan 8 – 12 karena saya belum melewatinya. Tetapi secara garis besar, kedua belas itulah tahapan yang harus dilewati alumni STAN sampai benar-benar memegang SK PNS. Tahapan tersebut bisa saja berubah, sesuai dengan ketentuan DJP. Waktu sampai menjadi PNS kira-kira 2 – 3,5 tahun.

Semoga informasi ini bisa membantu, dan menjawab semua keraguan akan alumni STAN. Bisa saya pastikan bahwa, semua alumni STAN pasti diangkat menjadi pegawai negeri. Yang membedakan hanya masalah waktu. Ada yang cepat dan ada juga yang lama seperti angkatan saya.
Terima Kasih

Copas from here: http://hiburdunia.blogspot.com/2013/01/proses-pengangkatan-alumni-stan-menjadi.html

Advertisements

35 thoughts on “Proses Pengangkatan Alumni STAN menjadi PNS

  1. riki setiadi

    sebelumnya, mau ucapin selamat sudah penempatan Daerah.
    mau tanya, bang. berkas-berkas yang harus dipenuhi apa aja? mungkin abang masih inget.hehe

  2. topxstillhezz

    jateng…..ada sindikat penerimaan cpns menkeu jalur magang, semua yg ikut tertipu………… rata2 kena 200jt, hati2 waspada dgn org yg bernama hjt suharto dan asep solehudin……. pakai mobil plat merah plat B 1877 POQ panther touring palsu… hati2 waspada… skrg mereka buronan polda jateng……….semoga mereka segera stroke mati dan masuk neraka dan yg trtipu sgra di ganti rejeki berlimpah……. semoga bermanfaat… amin

    1. cahbejopku

      salam kenal topxstillhezz. kasus yang dialami anda sama dengan yang saya alami. oknum yang anda mksud juga sama persis dengan saya. saya dan rekna” saya di pekanbaru rata” kena 200 jt juga. semoga oknum trsebut akan menerima ganjaran yang setimpal atas sindikat penipuan CPNS KEMENKEU yang mereka lakukan dengan melibatkan salah satu partai politik besar di indonesia. sungguh kejam mereka semua. tidak pandang bulu siapa yang ditipunya. kami hanya orang kecil. knpa harus di tipu sprti ini. orang” sprti mereka memang kturan iblis. waspadalah agar tdk trjadi korban selanjut nya !.

  3. hujar

    Yang lagi pengen-pengennya masuk STAN itu seperti saya pas mau tamat SMA,tapi udah masuk saya keluar pindah ke UI.
    Dari segi kulaitas ,memang kulaitas akademis dan pelajaran di STAN masih jauh tertinggal,dari segi buku yang sudah usang (tahun 90-an),mahasiswa yang belajar dari kisi-kisi…

    Ikatan dinas adalah yang membuat STAN ini terlihat memiliki kulaitas pendidikan yang memadai,meskipun dari segi tes masuk yang hanya TPA dan Bahasa Inggris,tidak bisa menjdi indikator bahwa yang masuk STAN memang orang2 yang pintar.

  4. koko

    sy lulusan 2012 ..mpe 9 bln setelah lulus masih menunggu informasi penempatan..dan di bulan juli katanya akan dilaksanakan tkd..dimana mengguakan Cat, dan harus lulus passing grade yg telah ditentukan. ya harus berjuang lagi dgn penuh kesabaran (curcol)

  5. afwan, mau nanya.. saya lulusan sma 2013 dan tlah diterima di s1 ipb (jurusan ilmu dan tknologi kelautan).. pas pengumuman stan kmarin trnyata sy diterima di STAN (D1 Pajak).. saya ragu apakah akan memilih stan atau tetap di ipb?? mohon sarannya..

  6. Sekedar revisi yg masih sangat sering bikin rancu.
    BPK = Badan Pemeriksa Keuangan – sebuah Lembaga Tinggi Negara yg bebas dan independen dr eksekutif. Bertugas sbg auditor eksternal

    BPKP = Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan – sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Selevel dg Kementerian. Bertugas sebagai auditor internal pemerintah. Bertanggungjawab pada presiden

  7. Aron Hutabarat

    Gue lulusan stan 2012. Temen seangkatan gue ada yg ga lulus pada proses tkd. Tkd diadakan pertama kali, ada beberapa orang yg tidak lulus. Setelah itu mereka mengikuti proses tkd jilid ke 2. Ada juga yg tidak lulus, hingga tkd ke 3 diadakan. Sampai tkd dilaksanakn, ada 4 orang yg tidak diangkat menjadi cpns, 2 orang mengundurkan diri dan 2 orang tidak lulus hingga tes tkd ke 3. Tes tkd ke 3 adalah tes yg terakhir.
    Gue mendengar cerita dari lulusan 2011, mereka semua lulus dalam tes tkd. Mereka mengatakan kalau tes tkd itu hanya formalitas, utk menenangkan kami. Tapi menurut gue, semakin berlalunya tahun, semakin hilang identitas “formalitas” itu. Artinya, sekarang ini ujian tkd itu tidak bisa lagi dikategorikan “formalitas”. Ujian itu sudah masuk kategori “menentukan nasib”. Ketika kita tidak bisa lulus ujian tkd itu, ya udah fix lo gagal, impian lo jadi pns sirna. Contohnya temen gue yg 2 orang ga lulus tkd itu. Ga peduli sama status lo yg lulusan stan. Artinya, jika tidak lulus, anda jadi pengangguran. (kalo kasusnya ga mau cari kerja ya, mau cari kerja juga susah, 2 orang tadi tidak dikasih atau ditahan ijazahnya sama stan, kalo mau ijazahnya keluar harus bayar 30 juta).

    Memang beginilah peraturan baru, dan angkatan gue yg paling aktual menerima penerapan peraturan baru itu, bukan lulusan 2011, yg menurut gue secara objektif lebih “anteng” melenggang menjadi cpns. Anteng maksud gue ya lebih merasakan “keformalitasan” tadi. Gue respect dengan lulusan 2011, big respect. Namun, mulai dari lulusan 2012, semua terasa lebih berat karena tkd tadi. Tkd tadi sudah menjelma menjadi tes yg menentukan. Tulisan ini diposting oleh lulusan 2011, dan gue adalah lulusan 2012.

    Jadi tes tkd itu tidak bisa kita katakan “hanya sebuah tes”. Tes itu berat, butuh proses belajar, sperti halnya orang jalur umum yg mau tes pns. Kalaupun lo diangkat menjadi pns, maka status lo adalah 2C, kalau sarjana masuk pns langsung 3A. Dalam waktu yg normal pns lulusan stan membutuhkan waktu 8 tahun buat mengejar status 3A. (dari 2C ke 2D butuh 4 tahun, dari 2D ke 3A butuh 4 tahun = total 8 tahun). Mau ngejar dari jalur ekstensi S1 juga ga gampang. Dari PMK No. 148 tahun 2012 dijelaskan, buat yg mau melanjutkan ke S1/DIV maka dia minimal harus telah bekerja selama 2 tahun terhitung dari SK PNS keluar. Berarti dia harus sabar, sebab waktu yg dibutuhkan buat jadi pns aja sudah tergolong lama. Dari lulus, lanjut ke tkd, lanjut lagi ke penempatan instansi, lanjut lagi ke status cpns aja butuh waktu 1 tahun. dari cpns ke pns butuh waktu 1 tahun.

    Kenapa gue tetap bangga masuk stan itu karna orang yg masuk kampus ini betul2 murni pinter secara teknis, Lulusannya betul2 siap dan mampu buat menjadi seorang pns (termasuk lebih siap buat menghadapi tes pns-nya a.k.a tes tkd tadi)., Buat masuk stan ga ada sogok2an. Beda dgn jalur umum dan sarjana yg buat masuk pns aja penuh dengan sogok2an. Lo yg dari jalur umum mau masuk jadi pns? Ya bersaing juga dengan oknum2 yg melakukan sogok2an tadi. Bukalah mata, fakta2 spt itu memang masih ada.

    Jadi tentukan dulu cita2 temen2 sekalian. Kalau buat temen2 yg bercita2 pengen menjadi pns kemenkeu, maka masuk stan adalah pilihan yg pas. Kalau yg ga mau jadi pns, ya ga usah milih stan, buang2 waktu. Yg berjiwa seni mau jadi seniman, mau jadi kontraktor, atau jadi pegawai di perusahaan bonafid, ya punya pendidikannya masing2, ga cocok kalau dia masuk stan.
    Tentukan dulu arah karirmu, dan risiko output dari tiap2 perguruan tinggi yg kamu pilih. Any question, friends? Ask me.
    (ane lulus tahun 2012, sekarang penempatan di instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, sedang dalam fase On Job Training).

  8. nana

    mohon infonya, jika telah dinyatakan lulus tes dan menjadi cpns ditjen pajak selanjutnya untuk penempatan bagaimana? apakah selalu penempatan di luar jawa hingga ke pelosok”? terima kasih

  9. riswan

    Salam kenal…terima kasih atas ulasanya. Trus trang sya tertarik dgn artikelnya..sy berencana mau mendaftarkn adik saya di stan jika lulus nanti. Untk mas yg punya blog semoga cpat melewati tahap 8 nya. He..he..he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s