Pajak Itu Zakat (?)

March 17, 2013 § Leave a comment

Menemukan buku ini di kamar adik saya yang merupakan mahasiswa akuntansi di sebuah PTN. Agak tertawa kecil membaca judul bukunya😀


Saya, sampai saat ini masih belum percaya jika pajak disamakan dengan Zakat, Karena jelas, aturan hukum yang berbeda dari keduanya. Sumber hukumnya pun berbeda, pajak bersumber dari hukum manusia yang diewajantahkan melalui peraturan perundang-undangan, sedangkan zakat bersumber dari hukum Tuhan yang diewajantahkan melalui alqur’an dan hadist.

Walau banyak yang membahas hal ini dari sisi syariah. Ada yang Pro dengan menganganggap keduanya dapat dikaitkan, ada pula yang kontra bahkan mengharamkannya. Tapi, pengharaman ini pun tidak selalu beralasan karena apa yang saya sebutkan di atas, perbedaan keduanya. Ada juga yang mengharamkan pembayaran pajak dengan alasan masalah-masalah korupsi perpajakan yang sering diungkap akhir-akhir ini. Seperti yang dicanangkan oleh ormas NU beberapa waktu yang lalu.

Terlepas dari saya yang dulu ‘sempat’ mengeyam pendidikan perpajakan, saya pribadi menganggap pajak hanya soal fair saja. Anda menikmati dana APBN (yang 70% lebih dananya berasal dari Pajak), berupa jalan, pelayanan publik, dan sebagainya, maka itu, anda harus ikut juga berkontribusi membayar pajak. Fair!

Saya menyayangkan orang-orang yang mengharamkan pajak, teriak-teriak boikot pajak, namun masih menikmati pajak itu…

Tagged:

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Pajak Itu Zakat (?) at Elam Sanurihim Ayatuna.

meta

